Kegiatan panduan pendidikan HIV/AIDS kepada anak Rutan dan Lapas

07Nov13

22250_232152379719_2000233_n

Kegiatan panduan pendidikan HIV/AIDS kepada anak Rutan dan Lapas
Kegiatan panduan pendidikan tentang HIV/AIDS kepada anak ABH yang ada di Rutan dan lapas dengan maksud mengembangkan informasi tentang HIV/AIDS kepada anak ABH sambil mendorong kemampuan anak ABH supaya mengetahui isu penting tentang HIV/AIDS dan mendorong kemampuan anak ABH untuk menyederhanakan tentang pemahaman HIV/AIDS
Kegiatan di mulai dengan mainkan game repleksi dahulu kepada anak ABH, tujuanya supaya anak bias mengeluarkan energy semangatnya untuk mengikuti kegiatan sambil meregangkan otot anak supaya anak tidak merasa lemas dan lesu dikarenakan anak ABH sendiri mereka setiap harinya selalu berada di dalam sel penjara.
Setelah melakukan game repleksi kepada anak kegiatan di mulai dengan proses fasilitasi dengan menjelaskan secara singkat kegiatan tentang isu HIV/AIDS kepada anak oleh fasilitator sambil anak – anak berada dalam posisi duduk melingkar dan sang fasilitator berada di tengah lingkaran yang di buat oleh anak-anak.
Setelah proses fasilitasi kegiatan masuk pada sesi pembagian kelompok dengan cara anak – anak yang tadinya melingkar mereka di suruh oleh fasilitator untuk berdiri masih dalam keadaan posisi melingkar, pembagian kelompok sendiri di bagi menurut ada banyaknya berapa orang fasilitator yang akan terlibat, karena setiap kelompok di haruskan di damping oleh satu fasilitator. Setelah fasilitator utama melihat akan berapa banyak orang fasilitator yang terlibat dan pada kegiatan yang kami lakukan jumlah fasilitator yang terlibat ada 6 orang fasilitator barulah pembagian kelompok di mulai, di karenakan fasilitator yang berjumlah 6 orang dan jumlah anak sendiri ada 27 anak ABH maka jumlah kelompok di bagi menjadi 5 kelompok karena fasilitator yang satu lagi dia akan kebagian tugas menjadi notulensi untuk mencatat kejadian penting di setiap kelompok.
Pembagian kelompok di lakukan dengan cara anak –anak berdiri melingkar dan setiap anak harus mulai berhitung dari angka satu sampai lima dan kembali ke angka satu sampai lima kembali, setiap anak yang kebagian angka satu mereka berkumpul dan membuat kelompok dengan anak yang juga kebagian angka satu dan di damping oleh seorang fasilitator.
Setelah pembagian kelompok sang fasilitaor utama mengumpulkan anak kembali dan masuk pada sesi acara menonton film dengan tema HIV/AIDS.
Setelah anak – anak menonton film tentang HIV/AIDS fasilitator utama mulai memanggil para fasilitator yang akan bertugas mendampingi setiap kelompok yang tadi sudah di buat, setelah itu baru fasilitator utama membagikan kertas flipchart dan spidol kepada masing – masing kelompok, dari sini peran para fasilitator yang menjadi pendamping anak pada setiap kelompok mulai melakukan akan apa yang di lakukan oleh anak – anak sambil mulai menjelaskan alat yang akan di pakai sambil member semangat kepada anak –anak .
Setelah anak – anak melakukan kegiatan kelompok, baru dari sini fasilitator utama kembali berperan karena untuk sesi ini adalah sesi di mana setiap ketua kelompok harus bias menjelaskan hasil kerja kelompok, setelah itu fasilitator utama member kesempatan kepada kelompok yang lain untuk memberi  komentar akan hasil kerja yang telah mempresentaikan hasil kerja kelompok.
Setelah semua anak sepakat akan hasil kerja setiap kelompok dan juga sudah tidak ada lagi debat dengan kelompok yang lainya dari sini fasilitaor utama menjelaskan point – point penting yang didapat dari kegiatan.
Sesi terakhir adalah sesi untuk para fasilitator untuk merangkum proses kegitan secara singkat.
Untuk lebih jelas akan apa yang telah kami lakukan dalam melakukan kegiatan tentang HIV/AIDS secara detail alur kegiatanya sebagai berikut SAP kegiatanya.
HIV/AIDS
@ Tujuan
*    Menumbuhkan dan mengembangkan informasi HIV/AIDS kepada anak-anak di Lapas dan Rutan
*    Mendorong kemampuan anak-anak di Lapas dan Rutan untuk mengetahui dan mengenali isu-isu penting HIV/AIDS
*   Mendorong kemampuan kemampuan anak-anak di Lapas dan Rutan untuk menyederahanakan pemahaman tentang HIV/AIDS

Š Waktu
100 menit

@ Alat dan bahan
Film
infocus
Kertas
Spidol
Malam

* Proses Fasilitasi
Langkah 1 – 10 menit
Jelaskan secara singkat bahwa pada pertemuan ini peserta akan diajak untuk membicarakan tentang isu HIV/AIDS. Bagilah peserta ke dalam 5 kelompok. Jelaskan bahwa setiap kelompok akan memiliki tugas. Informasi tentang tugas tersebut ada di film

Langkah 2 – 15 menit
Menonton film

Langkah 3 – 10 menit
Bagikan kertas flipchart dan spidol besar pada masing-masing kelompok. Mintalah masing-masing kelompok untuk menuliskan sebanyak mungkin tentang:
*    Informasi yang didapat
*   Hal-hal lain yang didapat dari film
*   Pendapat kelompok tentang HIV/AIDS

Langkah 4 – 30 menit
Bagikan malam kepada masing-masing kelompok. Mintalah kelompok untuk mendiskusikan dan membuat bentuk yang bisa mewakili tulisan-tulisan yang dibuat pada langkah 3.

Langkah 5 – 25 menit
Secara bergiliran kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompok. Minta kelompok lain untuk memberi tanggapan. Catatlah point-point penting pada kertas flipchart.

Langkah 6 – 10 menit
Rangkumlah proses pertemuan secara ringkas. Tegaskan kembali point-point penting yang didapat dari pertemuan ini.

IMG_9961

IMG_9960

IMG_9962

Iklan


No Responses Yet to “Kegiatan panduan pendidikan HIV/AIDS kepada anak Rutan dan Lapas”

  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: